Beranda TERUS BERINOVASI, PERTALIFE INSURANCE TINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN

TERUS BERINOVASI, PERTALIFE INSURANCE TINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN

17 Jan 2023
26
VIEWS
Jakarta - PT Perta Life Insurance (PertaLife Insurance) optimis mampu menutup pencapaian perusahaan di tahun 2022 dengan baik. Begitupun untuk tahun 2023, sejumlah upaya dan inovasi pun digulirkan, guna meningkatkan layanan kepada para nasabahnya. Berikut penjelasan Direktur Pemasaran PertaLife Insurance Haris Anwar saat wawancara dengan media Pertamina (Energia).

Bisa dijelaskan bagaimana pencapaian kinerja PertaLife Insurance hingga saat ini? Dari sisi kinerja ada beberapa ukuran yang kami lihat. Pertama, dari tingkat kesehatan, tingkat kesehatan, berdasarkan Risk Based Capital (RBC), kami sudah jauh melampaui thresshold yang ditetapkan oleh regulasi. Kemudian dari sisi kegiatan usaha, hasil underwriting kami juga sudah mencapai target, optimisme kami tahun ini bisa tercapai. Dari sisi profitabilitas, juga demikian. Artinya, apa yang kita rencanakan dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) tahun 2022, dapat kami penuhi sesuai dengan arahan pemegang saham.

Faktor apa saja yang menunjang pencapaian tersebut?
Kalau dilihat dari sektor, bisnis model kami adalah asuransi kumpulan. Asuransi kumpulan sendiri terbagi dua, yang kami fokuskan pertama dari sisi ekosistem kita sendiri, di lingkungan PT Pertamina (Persero), maupun PT Timah Tbk dan diluar itu. Asuransi kumpulan yang kita jadikan sebagai backbone itu memang memerlukan suatu pendekatan bisnis yang agak berbeda dibandingkan dengan asuransi yang sifatnya individual. Kemudian kami melihat bahwa prospek asuransi kumpulan itu tetap prospektif di tahun 2023. Walapun memang ada pelambatan pertumbuhan ekonomi secara umum, tapi karena kebutuhan asuransi kumpulan itu bagi perusahaan adalah suatu kebutuhan, karena itu kebutuhan untuk karyawannya.
Selain itu juga penerapan tata kelola perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG) yang baik, perbaikan spesifikasi produk, strategi investasi yang prudent, bauran strategi diversifikasi risiko pertanggungan dan inisiatif efisiensi yang mendorong terjadinya cost leadership. Membangun kepercayaan kepada nasabah melalui serangkaian kegiatan client loyalty program, seperti sosialisasi produk dan manfaat, kegiatan rekonsiliasi data kepesertaan, market update and review terkait arah pengelolaan investasi dan partisipasi dalam bentuk dukungan kegiatan nasabah terkait dengan event-event penting yang dilakukan oleh nasabah. Serta memberikan layanan prima dengan totalitas kepada pelanggan yang memberikan dampak pada kenyamanan pemegang polis untuk tetap menjadi pelanggan setia perusahaan.

Melihat hasil kinerja tersebut, sejauh mana optimisme PertaLife Insurance dalam mencapai target perusahaan di tahun 2022 ini? Tahun 2022 kami melihat ada satu situasi yang sifatnya unpredictable. Situasi globalyang juga ada pengaruhnya terhadap situasi domestik. Namun Alhamdulillah, secara bisnis kami cukup stabil. Kami optimis bahwa hasil yang kita ingin capai di tahun 2022 itu masih sesuai denganapa yang kami rencanakan dalam RKAP. Baik itu dari sisi top-line, middle-line maupun bottom-line.

Apakah wacana resesi yang terjadi di tahun 2023 menjadi tantangan tersendiri bagi PertaLife Insurance? Adakah strategi yang disiapkan perusahaan guna mengantisipasi dampak negatif jika hal tersebut terjadi? Dari apa yang telah disampaikan oleh beberapa ekonom salah satunya Chatib Basri, Bank Dunia, World Bank dan OECD, Indonesia diperkirakan tidak akan masuk dalam fase resesi di tahun 2023, dikarenakan kebijakan makro prudensial yang telah dilakukan Pemerintah Republik Indonesia selama ini berada di jalur yang lebih baik dibandingkan beberapa negara G20 lainnya. Hanya memang diperkirakan pertumbuhan ekonomi akan sedikit mengalami perlambatan. Khusus untuk Pertalife, kami tetap optimis bahwa semua rencana yang kita tuangkan di RKAP 2023 dapat dicapai. Mengingat model bisnis yang diadopsi oleh PertaLife Insurance adalah bisnis asuransi yang berorientasi pada asuransi kumpulan yang merupakan basic needs perusahaan. Berbeda dengan asuransi individual atau retail yang bukan merupakan kebutuhan utama dilihat dari prioritas kebutuhan individu. Akan tetapi memang kami memitigasi hal itu dengan beberapa skenario bisnis yang kami masukan dalam rencana kerja di tahun 2023.

Apa harapan Bapak bagi bisnis operasi PertaLife Insurance kedepannya? Kami berharap, Pertalife akan terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah, khususnya kepada nasabah-nasabah korporat yang selama ini menjadi nasabah loyal kami. PertaLife melakukan berbagai macam upaya untuk menjaga loyalitas tersebut, berupa sifatnya loyalty program, kemudian kami berikan update market review kepada mereka tentang perkembangan penempatan investasi. Kami juga akan mengimplementasikan yang disebut sebagi PSAK74. PSAK74 ini akan memberikan dampak terhadap pengelolaan bisnis asuransi kedepan. Kita harus memenuhi semua standar, standar compliance, standar Good Corporate Governance, dan juga kami ingin meningkatkan kapasitas dalam hal pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan pelayanan sebaik baiknya, agar excellence level kami dapat terjaga.•Energia/STK




Latest News