Beranda Media Informasi Berita dan Artikel PERTALIFE INSURANCE TANAM 10 RIBU MANGROVE DI PULAU PARI

PERTALIFE INSURANCE TANAM 10 RIBU MANGROVE DI PULAU PARI

18 Mar 2023
77
VIEWS

PertaLife Insurance turut serta dalam aksi penanaman 10 ribu mangrove bersama Infobank Media Group di Pulau Pari, kegiatan tersebut sebagai implementasi salah satu program CSR PertaLife Insurance yaitu pilar lingkungan hidup.


DUKUNG PELESTARIAN LINGKUNGAN, PERTALIFE INSURANCE DAN INFOBANK TANAM 10 RIBU MANGROVE DI PULAU PARI


Jakarta — PertaLife Insurance turut serta  mendukung aksi penanaman 10 ribu mangrove yang digelar Infobank Media Group, di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Sabtu, (18/3/2023).

Penanaman yang di inisiasi Infobank Media Group tersebut dilakukan bersama Ikatan Bankir Indonesia (IBI), industri keuangan perbankan, Masyarakat Keuangan Pecinta Alam (Makapala), AsianPost.id serta melibatkan institusi terkait, seperti Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Jakarta Utara, Komunitas Mangrove Indonesia, dan Back Packer Jakarta (BPJ).

PertaLife Insurance menjadi salah satu industri keuangan yang terlibat langsung dalam penanaman 10 ribu pohon mangrove ini, hal tersebut sesuai dengan Program Corporate Social Responciblity (CSR) PertaLife Insurance yaitu pilar lingkungan hidup dengan turut serta mendukung kelestarian lingkungan.

Pohon mangrove yang berfungsi sebagai benteng alami untuk melindungi ekosistem dari bencana alam seperti abrasi dan gelombang air laut. Gelombang air laut yang begitu kuat menyeret butiran-butiran pasir pesisir. Jika dibiarkan, keberadaan Pulau Pari tentu hanya akan tinggal nama, selain itu dengan menanam Mangrove tidak hanya untuk menjaga keberlanjutan lingkungan, tapi sekaligus mendorong ekonomi masyarakat setempat.

“Menanam mangrove menjadi investasi jangka panjang bagi masyarakat, bukan hanya sebagai pelindung pesisir dari abrasi tapi juga bisa menjadi nilai ekonomi masyarakat seperti menjadikan mangrove sebagai ekowisata dan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar, mangrove juga menjadi ekosistim biota laut seperti ikan dan kepiting yang menjadi sumber pendapatan masyarakat” Kata Kuntoro, Corporate Communication PertaLife Insurance saat acara penanaman mangrove.

Sementara itu Eko B. Supriyanto, Chairman Infobank Media Group dalam releasenya menyampaikan bahwa aksi penanaman mangrove memiliki arti penting, tak hanya untuk Indonesia, tapi juga untuk dunia. Sebab, dari total hutan mangrove dunia, 20% di antaranya berada di wilayah Indonesia.

"Tanaman mangrove mampu menyerap emisi karbon 12 kali lebih besar dibanding tanaman lain. Sehingga, pelestarian tanaman mangrove di Indonesia menjadi sangat urgent untuk keberlangsungan kehidupan di bumi," paparnya.

Terlebih, kata dia, tahun 2023 ini, pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan membuka bursa perdagangan karbon. Potensi perdagangan karbon di Indonesia cukup menggiurkan, yakni mencapai US$565,9 miliar atau setara Rp8.000 triliun.

"Untuk itu, Infobank Media Group, IBI, Makapala, AsianPost.ID, dan industri keuangan perbankan memiliki kewajiban untuk mendukung program bursa perdagangan karbon dengan memastikan kualitas hutan di Indonesia memenuhi standar kualifikasi internasional," ujarnya.

PertaLife tidak hanya berperan aktif di industri asuransi jiwa nasional, namun secara konsisten juga menjalankan komitmen dalam peningkatan kualitas kehidupan masyarakat melalui empat pilar Tanggung Jawab Sosial atau Corporate Sosial Responsilbility (CSR) yaitu Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan Hidup, dan Pemberdayaan Masyarakat.PLI


Latest News